Rabu, 20 Mei 2009

Situasi Saat Ini (1): Terumbu Karang dalam Tekanan Perikanan


Ikan terumbu di jual di pasar ikan kepulauan Bunaken Sulawesi Utara, Indonesia 
(Foto: Wolcott Henry)

Banyak laporan penelitian telah  menunjukkan bahwa keadaan  terumbu karang dunia saat ini terus menurun. Penangkapan berlebih / overfishing merebak - terumbu yang terkelola dengan baik jarang ditemui. Terumbu selalu menjadi tempat tangkap ikan bagi masyarakat lokal, menyediakan makanan bagi keluarga dan pendapatan yang relatif sedikit. Namun perikanan tradisional  hingga saat ini terus meningkat, terpicu oleh perikanan komersil mensuplai permintaan baik ekspor maupun lokal bagi wisatawan di hotel dan restoran,  industri aquarium dan pasokan ikan terumbu hidup pangsa pasar restoran.  Meskipun pengiriman ikan terumbu hidup ke restoran-restoran di Asia telah berjalan sejak abad ke-18, perdagangan ini merebak dengan pesatnya sejak 1990-an untuk menyajikan ledakan populasi ekonomi menengah keatas di Cina dan masyarakat Asia lainnya di negara-negara berkembang.  Perdaganga ikan ini mungkin bisa dikatakan sebagai yang paling merusak: (a) permintaan-nya dipengaruhi masyarakat dalam jangkauan global, sehingga suplai lokal tidak bisa menyetarakan, (b) para pengepul / wholesaler antar-negara kini mampu merambah ke daerah tangkap / fishing ground baru di kepulauan terpencil, membayar nelayan lokal untuk 'menelanjangi' terumbu tersebut, dan pindah tempat sebelum personil pengelola tahu, dan (c) nilai tiap spesies ikan semakin tinggi dengan semakin langka-nya mereka, terus menstimulir usaha penangkapanu di saat populasi ikan menurun. Namun, saat ini kita masih bisa mengantisipasi kepunahan ikan terumbu lokal dan global melalui perikanan itu sendiri. 

Berbagai spesies ikan terumbu seperti kerapu, wrasse, dan kakatua disimpan hidup-hidup di sebuah pasar ikan di Hong Kong. Spesies ini umum dijumpai di kawasan Indo-Pasifik, termasuk Indonesia.
(Foto: Julie McGowan, Timana Photography, 2006/Marine Photobank)

Referensi:
  • Sadovy, Y.J., Vincent, A.C.J., 2002. Ecological issues and the trades in live reef fishes. Dalam: Sale, P.F. (Ed.), Coral Reef Fishes: Dynamics and Diversity in a Complex Ecosystem. Academic Press, San Diego, pp. 391–420.
  • Sale, P. F. (2008). "Management of coral reefs: Where we have gone wrong and what we can do about it." Marine Pollution Bulletin 56(5): 805-809.

Tidak ada komentar: