Senin, 25 Februari 2019

Tinja berkhasiat untuk pasir laut yang bersih

Di laut dunia saat ini terdapat sekitar 1.250 spesies teripang. Teripang kadang disebut juga timun laut, gamat, sea cucumber, atau bêche-de-mer.

Teripang yang tampil dalam vidio di bawah ini adalah jenis Thelenota anax. Dia sedang ‘buang air besar’.

Tinja teripang ternyata penting untuk ekosistem. Untuk spesies satu ini, dia menggunakan tentakel-tentakelnya untuk meraih sedimen di dasar laut lalu memasukkanya ke mulutnya. Jika di darat, maka teripang adalah hewan yang gemar ‘makan tanah’.

Unsur organik dari sedimen dasar laut diserap dalam perutnya. Bahan sedimen anorganik sebagian besar dikembalikan lagi ke alam.

Alhasil, ‘pup’ sedimen yang dikembalikan teripang alam keadaanya lebih bersih dari saat dia makan. Pasir bersih dari 'tinja' teripang adalah pasir bisa mencegah tumbuhan alga merebak di dalam laut. Alga yang berlebih mengambil oksigen di air, sehingga ikan bisa terganggu kesehatanya. Namun tidak sebab pasir yang bersih.

Selain itu, kawasan padang lamun di pesisir bisa tumbuh lebih subur ketika teripang berada disekitarnya.

Bahkan terumbu karang juga dapat manfaat dari teripang. Sebab kandungan alkali dari tinja teripang, membantu menjaga keasaman kolom air disekitarnya. Sehingga efek pengasaman laut akibat terlarutnya gas polusi karbondioksida dari manusia yang larut ke laut bisa ditekan.

Di laut teripang jauh dari rupawan apalagi eksotis. Bahkan warnanya serupa dengan tinjanya. Meskipun demikian, jelas teripang punya peranan penting di bawah air sana.

Jika kita merasa kurang dalam penampilan kita, tidak apa-apa, terpenting adalah menebar kebaikan. Tebarkanlah manfaat ke sekitar kita, dengan ikhlas, lega dan sebanyak-banyaknya, seperti teripang melepas tinjanya.

Salam teripang.



Tidak ada komentar: