Rabu, 29 Juni 2011

Belut laut bertubuh tembus pandang.

Vidio dibawah ini diambil dari Seraya, Bali, Indonesia:



Belut laut bertubuh transparan? Ya. Seekor Leptochepalus, yang berarti 'kepala datar', adalah larva transparan dari belut air tawar, belut laut, dan hewan lain dalam Superordo Elomorpha. Jenis ikan laut yang memiliki tahapan larva Leeptochepalus diantaranya yang awam adalah Moray Eel, dan Garden Eel serta belut air tawar yang termasuk dalam famili Anguilidae, dan lebih dari 10 famili belut laut yang tidak umum.

Leptochepalus - larva belut.
(Foto: Ross Hopcroft / University of Alaska Faribanks)
Leptochepali (sebutan jamak untuk Leptochepalus), memiliki tubuh lateral yang pipih berisi kandungan serupa jeli di dalam tubuhnya dan lapisan tipis otot di luar tubuhnya. Organ tubuh mereka kecil perpaduan karakteristik ini membuat mereka tampak tembus pandang saat hidup. Kandungan sel darah merah di tubuh mereka sangat sedikit hingga mencapai tahapan larva glass eel yang sudah mulai menyerupai belut.

Dibandingkan larva ikan umumnya, mereka bisa tumbuh relatif lebih besar, antara 60 hingga 300 mm dan fase hidup larva mereka lama mulai tiga bulan hingga satu tahun. Pola gerak renang mereka serupa dengan ikan di famili Anguliform lainnya, dan bisa 'perseneling maju dan mundur'. Santapan mereka belum diketahui pasti, sebab tidak dijumpai zooplankton - makanan khas larva ikan - di dalam perut mereka. Diduga mereka makan partikel kecil yang melayang di lautan, dikenal sebagai marine snow.

Untuk menjumpai mereka, kita mungkin perlu berenang cukup dalam, sebab mereka bisa berada hingga 100 meter dari permukaan laut. Mereka ada hampir di seluruh perairan dunia, mulai perairan temperatur-sedang bagian bumi selatan hingga tropis, dimana umumnya belut laut dewasa ditemukan.

Bagi anda yang menekuti sains kelautan, biota satu ini bisa jadi fokus penelitian, sebab masih belum banyak dipahami seluk-beluknya, dan menjadi tantangan biolog laut. Sebab mereka sangat rapuh dan makan partikulat kecil ketimbang zooplankton, dan mereka perenang yang mahir dan bisa menghindari jaring plankton yang umum digunakan biolog untuk mengambil sampel hidup mereka.

1 komentar:

ataplaut mengatakan...

Gue lebih suka nyebut dia, belut zombie deh..kayanya lebih menarik dari ribbon eel ya